<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d33468724\x26blogName\x3dSarana+Mendunia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://dmruli.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://dmruli.blogspot.com/\x26vt\x3d-2935435255231741796', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Name:Dharma Maruli T
Home: Jakarta, Indonesia



Aksara Bermakna

Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa "membaca" adalah syarat utama guna membangun sebuah peradaban. Semakin bagus sesuatu yang dibaca, maka semakin tinggi peradaban, demikian pula sebaliknya. Tidak mustahil pada suatu ketika "manusia" akan didefinisikan sebagai "makhluk membaca", suatu definisi yang tidak kurang nilai kebenarannya dari definisi lainnya semacam "makhluk sosial" atau "makhluk berpikir".



Add to Technorati Favorites

Add to My Yahoo!
blog-indonesia.com

Salam Pembuka

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat datang di personal website ku. Website ini saya buat sebagai bentuk aktualisasi diri. Content yang disajikan umumnya berupa aktualisasi diri yang sifatnya umum maupun artikel yang specific seperti "Hukum", "Keluarga" dan "Dunia Islam"yang disarikan dari berbagai sumber. Harapannya semoga informasi yang tersaji, dapat dijadikan sebagai bahan renungan sehingga dapat memberi pencerahan serta dapat memperluas cakrawala berpikir.
Apabila anda berkeinginan untuk menyampaikan pesan dan kesan, silahkan klik "post a comment" disetiap akhir posting tulisanku.

Semoga karya ini bermanfaat.

www.flickr.com

Saturday, November 29, 2008

Phobia

Salah satu sifat manusia yang melekat dengan kejiwaan adalah rasa takut. Timbulnya rasa takut muncul ketika seseorang dihadapkan pada situasi atau obyek yang membahayakan dan mengancam dirinya. Rasa takut yang muncul secara berlebihan dinamakan phobia.

Phobia adalah suatu reaksi berlebihan yang timbul seketika yang secara rasional sebetulnya tidak membahayakan. Penderita phobia akan mengalami gangguan kejiwaan, lantaran selalu merasa tidak nyaman. Sudah barang tentu hal itu akan menghambat aktivitas produktifnya baik di lingkungan sosial masyarakat, maupun dalam pekerjaan.

Secara garis besar, phobia dibagi dalam tiga kategori. Specific phobia yaitu rasa takut yang timbul terhadap obyek yang jelas, agoraphobia yaitu rasa takut yang muncul ketika berada di tempat umum, dan social phobia yaitu rasa takut terhadap kehadiran orang lain.

Obyek phobia yang sering dijumpai adalah takut pada binatang, ketinggian, ruangan sempit dan tertutup, perjalanan dengan pesawat terbang, darah, dan suntikan. Penyebabnya timbul dari trauma buruk yang pernah dialami penderita. Phobia juga bisa disebabkan oleh pembelajaran terhadap perilaku orang lain, misalnya orang tua kita takut gelap, kebiasaan itu ditiru oleh anak-anaknya sehingga satu keluarga itu punya persepsi buruk terhadap gelap.

Metode penyembuhan phobia adalah dengan terapi dan pengobatan. Terapi dilakukan dengan mengajak penderita phobia untuk mengubah persepsi terhadap obyek yang selama ini ditakuti. Mereka dilatih untuk berpikir positif dengan menanamkan pengertian bahwa yang ditakuti itu sebenarnya aman dan tidak membahayakan keselamatan jiwanya. Setelah pola pikir diperbaiki, barulah mereka diajak untuk mengalami langsung obyek phobia tersebut, istilahnya "desensitisasi".

Bagi yang sudah parah, terapi harus disertai dengan pengobatan sehingga memberikan efek yang signifikan. Obat dapat berpengaruh dalam menurunkan kadar kecemasan sehingga penderita bisa mengontrol perilaku dan pola pikirnya lebih baik. Dengan penggunaan obat, efek terapi menjadi lebih efektif.

Jadi apabila sindrom rasa takut yang tidak beralasan menjangkiti anda, segera cari bantuan untuk mengatasinya. Selama hidup anda selalu terbelenggu dalam ketakutan, selama itu pula produktifitas akan terganggu. Dan jangan sampai kualitas hidup bakal terbatas dikarenakan berbagai aktivitas selalu dijangkiti oleh rasa takut yang berlebihan.

1 Comments:

Blogger Kristina Dian Safitry mengatakan...

mudahah2an aku tak punya penyakit ini. udah sejak kecil dididik jadi cewek pemberani*gubrak!*he..he..

4:17 PM, November 29, 2008  

Post a Comment

<< Kembali ke halaman depan