<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d33468724\x26blogName\x3dSarana+Mendunia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://dmruli.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://dmruli.blogspot.com/\x26vt\x3d-2935435255231741796', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Name:Dharma Maruli T
Home: Jakarta, Indonesia



Aksara Bermakna

Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa "membaca" adalah syarat utama guna membangun sebuah peradaban. Semakin bagus sesuatu yang dibaca, maka semakin tinggi peradaban, demikian pula sebaliknya. Tidak mustahil pada suatu ketika "manusia" akan didefinisikan sebagai "makhluk membaca", suatu definisi yang tidak kurang nilai kebenarannya dari definisi lainnya semacam "makhluk sosial" atau "makhluk berpikir".



Add to Technorati Favorites

Add to My Yahoo!
blog-indonesia.com

Salam Pembuka

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat datang di personal website ku. Website ini saya buat sebagai bentuk aktualisasi diri. Content yang disajikan umumnya berupa aktualisasi diri yang sifatnya umum maupun artikel yang specific seperti "Hukum", "Keluarga" dan "Dunia Islam"yang disarikan dari berbagai sumber. Harapannya semoga informasi yang tersaji, dapat dijadikan sebagai bahan renungan sehingga dapat memberi pencerahan serta dapat memperluas cakrawala berpikir.
Apabila anda berkeinginan untuk menyampaikan pesan dan kesan, silahkan klik "post a comment" disetiap akhir posting tulisanku.

Semoga karya ini bermanfaat.

www.flickr.com

Tuesday, November 11, 2008

Penelitian Otak Manusia

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stockholm belum lama ini menunjukan setiap generasi akan mengalami peningkatan daya ingat. Lars Nilsson adalah seorang professor yang meneliti perkembangan otak manusia tersebut. Dalam penelitiannya ditemukan bahwa kecenderungan daya ingat atau yang disebut episodic memory akan selalu membaik pada setiap generasi yang lahir.

Hal itu dibuktikan bahwa seorang anak cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik ketimbang orang tuanya. Pemicu dalam peningkatan daya ingat salah satunya dengan asupan gizi yang baik serta banyaknya jumlah saudara kandung. Mereka yang mengonsumsi makanan yang bergizi, serta memiliki jumlah saudara kandung lebih sedikit menurut Nilsson akan lebih cerdas. Memang pada umumnya anak pertama akan menerima 100% perhatian dan nutrisi yang lebih baik ketimbang anak yang dilahirkan sesudahnya.

Faktor yang tak kalah penting dalam membentuk kecerdasan adalah tingkat pendidikan serta kebiasaan olah raga yang teratur. Penelitian Nilsson dilakukan pada 4.200 respoden secara acak dengan usia antara 25-80 tahun lebih, selama 20 tahun dengan periode setiap lima tahun sekali.

Sependapat atau tidak dari penelitian itu, semuanya tergantung dari penilaian anda.

5 Comments:

Blogger Kristina Dian Safitry mengatakan...

ikutan sependapat aja bang. meski kurang lengkap dikit. disi khan gmbalng disebutkan: daya otak akan semakin meningkat. trus yang saya perhatikan, daya otak itu juga bisa menurun. tetapi sekitar usia berapa sampai berapa. kalo perkiraannya 25-80 bukankah ini masih acak. yang saya tahu, jika seseorang ingin melakukan riset, itu harus detil.

5:14 PM, November 11, 2008  
Blogger Kristina Dian Safitry mengatakan...

tiap kali ngisi koment kok selalu menunggu moderasi dulu ya?kapan nih, moderasinya gak diaktifkan.

5:15 PM, November 11, 2008  
Blogger dmruli mengatakan...

respond atas pertanyaan dian yang kedua adalah untuk menghindari comment spam yang tidak perlu.

5:05 PM, November 12, 2008  
Blogger ayu mengatakan...

iya pengaruh makanan emang baik bg otak tp penyakit jg tambah macem2 ya

10:50 AM, November 21, 2008  
Anonymous Irvan Sadewa mengatakan...

Untuk meningkatkan kemampuan otak (optimalisasi otak), dapat juga dengan Terapi Brainwave.

12:46 PM, November 04, 2009  

Post a Comment

<< Kembali ke halaman depan